Selasa, 12 Februari 2013

Dropbox : Solusi Pengganti Flash Disk

From Blog With Love


Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data.

Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator.

Dropbox menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi.

Pada tahun 2011 Dropbox juga meluncurkan "Dropbox for Teams", sebuah layanan dari Dropbox yang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok lainnya yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat, dan lain sebagainya. "Dropbox for Teams" tetap tersedia di situs web, namun harga yang ditawarkan berbeda dengan layanan Dropbox lainnya.

Bila dibandingkan dengan layanan serupa lainnya, Dropbox menawarkan jumlah pengguna yang relatif besar, dengan penggunaan sistem operasi yang bervariasi, baik untuk perangkat mobile ataupun desktop. Terdapat berbagai versi untuk berbagai sistem operasi, termasuk untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux (resmi atau tidak resmi).

Dan tersedia juga berbagai versi untuk perangkat mobile, diantaranya Android, Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS, dan Blackberry, dan klien yang berbasis web. Dropbox menggunakan model finansial Freemium, dan layanan gratisnya menyediakan 2 GB penyimpanan online gratis.

Para pengguna yang menyarankan Dropbox ke orang lain bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB.[8] Kompetitor utama dari Dropbox antara lain, Box.net, FilesAnywhere, CloudMe, CrashPlan, Egnyte, iCloud, Mozy, SpiderOak, SugarSync, TitanFile, Ubuntu One, Windows Live SkyDrive, Wuala dan ZumoDrive.

Hampir setiap orang sekarang memiliki USB Flash Disk. Alat kecil tersebut sudah termasuk barang murah sekarang, namun bisa menampung beribu-ribu file dan dokumen. Ukurannya yang sangat kecil membuat mudah untuk dibawa. Kalo butuh file, tinggal colokan saja USB Flash Disk ke komputer, dan pakai filenya.

Namun, namanya manusia, terkadang juga suka lupa. Terlebih, kalau teledor, USB tersebut pasti suka hilang. Bagaimana solusinya?

Dropbox, ini sepertinya sebuah solusi yang tepat. Dropbox adalah fasilitas di mana kita memiliki kapasitas simpanan sebesar 2GB secara gratis di internet. Ya, gratis, dapat 2GB pula. 2GB saya rasa cukup untuk kebanyakan orang. Kita bisa menambah kapasitas hingga 50GB (sebesar harddisk) dengan membayar $10 per bulan, 100GB bayar $20 per bulan.

 Kita hanya perlu buka www.dropbox.com. Kita bisa upload file dari komputer kita dengan mudah. Kalau misalkan kita sedang di kantor atau kampus, dan kita butuh file tersebut, kita tinggal log in ke dropbox, dan download file tersebut dengan mudah.

Mudah kan? Jadi daripada kita bawa USB flash disk ke mana-mana, kita tinggal upload saja file kita, lalu download di manapun kita butuhkan. Gratis pula.

Lebih dari itu, Dropbox juga menyediakan aplikasi untuk di download untuk Mac, Linux, and Windows, dan juga Mobile devices (Blackberry, Android, dan iOS). Nah, saya baru coba untuk yang Mac dan untuk iPad. Untuk operating system yang lain, saya belum coba.

Aplikasi ini sangat berguna. Jadi kita tinggal download, install, dan kemudian nanti ada akan satu folder baru bertuliskan dropbox. Jadi, kita tinggal copy-paste atau pindahkan file ke folder Dropbox tersebut, dan otomatis file tersebut akan ter-upload ke Dropbox kita. Mudah bukan?

Ini juga berguna untuk blackberry, ipad, iphone, dan andorid. Apalagi seperti iphone dan iPad yang tidak bisa dicolokin USB, kita tinggal download file, menggunakan Apps maupun membuka website dropbox.

Bagaimana, apakah anda tertarik? namun, satu syarat penting, kita harus terkoneksi ke internet. Ini lah satu kekurangannya, di mana USB Flash Disk bisa digunakan tanpa internet, Dropbox memerlukan sambungan internet. Namun menurut saya, sekarang ini koneksi internet sudah mulai mudah didapatkan.

Perbandingan Google Drive, SkyDrive, dan DropBox

Teknologi berkembang semakin pesat. Teknologi Cloud Computing berkembang semakin populer setiap harinya. Hard disk tidak lagi menjadi media tunggal dalam penyimpanan informasi, sudah banyak orang yang menyimpan informasi secara online, baik itu foto, dokumen, dll. Banyak sekali media penyimpanan online yang tersedia, diantaranya adalah DropBox, Google Drive, dan SkyDrive. Ketiga produk tersebut memiliki fungsionalitas yang hampir sama. Jadi bagaimanakah perbandingan diantara ketiganya?

Storage Space and File Sizes

Untuk kategori ini, SkyDrive masih lebih bagus dari DropBox dan Google Drive untuk free user. DropBox menyediakan kapasitas 2GB (bisa ditambah dengan cara referral), Google Drive menyediakan 5GB. Sedangkan SkyDrive menyediakan kapasitas sebesar 7GB. Batasan untuk upload file melalui browser untuk SkyDrive dan DropBox adalah sebesar 300MB, sedangkan untuk Google Drive adalah sebesar 10GB. Akan tetapi file sebesar 10GB hanya bisa di upload oleh premium user, karena perlu upgrade untuk mendapat kapasitas lebih dari 5GB.

Additional Storage and Prices

Jika kapasitas yang didapatkan secara gratis dirasa masih kurang mencukupi kebutuhan, maka dapat dilakukan penambahan kapasitas dengan biaya yang sudah ditetapkan. Dari segi harga penambahan kapasitas, SkyDrive masih merupakan yang terbaik untuk kategori ini.

Untuk penambahan kapasitas sebesar 100GB dibutuhkan biaya Rp 456.000/tahun ($49.47 untuk nilai tukar Rp 9.218,- (finance.yahoo.com 12 Mei 2012)) atau dengan kata lain kita membutuhkan $0.49 untuk setiap 1GB untuk 1 tahun.

DropBox membutuhkan biaya $199.00/year untuk penambahan kapasitas sebesar 100GB, yang artinya membutuhkan biaya sebesar $1.9 untuk setiap 1GB untuk 1 tahun.

Sedangkan Google Drive membutuhkan biaya sebesar $59.88 untuk penambahan kapasitas sebesar 100GB, yang berarti dibutuhkan biaya sebesar $0.59 untuk 1GB untuk 1 tahun.


Tidak ada komentar:

Entri Populer

VIVAnews

Free Reseller Hosting Program, Multi-Currency Payments, Anonymous 24x7 Clients Support
World Banner Exchange Banner
World Banner Exchange BannerWorld Banner Exchange Banner

Social Site Cash

POLL: Have you ever been ripped off? YES / NO

Web Hosting
Web Hosting

GOLDEN MESSAGE

No steam or gas ever drives anything until it is confined. No Niagara is ever turned into light and power until it is tunneled. No life ever grows until it is focused, dedicated, disciplined. - Harry Emerson Fosdick

peoplestring

CLICK HERE

About 24/7 Multi Media Marketing

Happy Tjahyono's Fan Box

my chat box

COMMENTS

Bagaimana komentar anda mengenai blog saya ini?

guest

Music Box